Minggu, 24 Desember 2014 - 07:36:47 WIB
16 Staf Kemendag Raih Beasiswa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Teknologi - Dibaca: 22 kali

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 16 staf Kementerian Perdagangan tahun ini mendapatkan beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) untuk mengikuti tailor-made trainingCommodity Market Review to Contribute to National Trade Policy di Belanda. Pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan staf kementerian dalam menyusun analisa pasar komoditas secara komprehensif sebagai dasar penentuan kebijakan perdagangan.

Pelatihan berlangsung selama tiga minggu, mulai Senin (19/1/2015) sampai Jumat (6/2/2015) mendatang. Para penerima beasiswa itu akan menempuh pelatihan di Universitas Vrije, di Amsterdam. Keberangkatan mereka dilakukan di Kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta, Rabu (7/1/2015), lalu disaksikan oleh Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan, Tjahya Widayanti, dan Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker. 

"Saya lihat pemilihan metode tailor made training bermanfaat untuk mendukung tugas pemantauan perkembangan harga dan pemberian rekomendasi kebijakan dalam rangka menjalankan salah satu mandat Undang-undang Perdagangan, yaitu mengendalikan ketersediaan barang kebutuhan pokok," kata Tjahya Widayanti kepada Kompas.com, Kamis (8/1/2015). 

Sementara itu, menurut Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker, Belanda memiliki kelebihan di bidang perdagangan komoditas. Universitas Vrije sebagai penyelenggara pelatihan akan memfasilitasi peserta untuk mendapatkan teori dan praktek analisa pasar komoditas. 

"Nantinya untuk diterapkan di lingkungan kerja para staf masing-masing," ujar Mervin.